Minggu, 03 April 2016

kuliner: KLUBAN BOTHOK DAN KLUBAN PINDANG TETEL

Kluban Bothok adalah makanan khas warga Pekalongan, khususnya wilayah Kab. Pekalongan (Kec. Kedungwuni, Pekajangan, Wonopringgro) pada sore hari yang menjelang magrib dan setelah magrib, warung-warung banyak di serbu penikmat kuliner.
Kluban adalah urapan sayur yang terdiri dari kacang panjang, taoge, kol, dan bayam / kangkung dengan bumbu mboksiyah (lombok, trasi, uyah(garam)) dan tambah kencur yang diurap bersama parutan kelapa. Sedangkan Bothok adalah sayur lodeh yang biasanya berisi tahu dan bonkrek yang di siram dengan santan encer ke dalam sepicuk (daun pisang yang di lipat) dan tak lupa sambal gula jawanya.


Kluban Bothok ini biasanya bisa dinikmati juga dengan Pindang Tetel. Sehingga makanan ini disebut dengan Kluban Pindang Tetel, jangan di bayangkan kalau pindang itu adalah ikan laut karena, Pindang Tetel sendiri itu adalah makanan sejenis Rawon, Garang asem / Krengsengan yang berkuah hitam dengan bumbu kluwak. Pindang Tetel sendiri isinya adalah tetelan daging kerbau.


Dan jangan lupa dengan Krupuk Usek. Krupuk ini berwarna merah dan putih yang di goreng dengan pasir. Krupuk ini biasanya sebagai teman makan makanan diatas.


Sumber : http://www.kompasiana.com/vivin57/kluban-bothok-dan-kluban-pindang-tetel_55087de1a33311be312e393d

2 komentar: